Minggu, 27 Desember 2015

Cara Cepat Membuat Suara Kinclong

Setiap insan yang ada dibumi ini selalu ingin tampil menarik. Tanpa terkecuali, laki-laki atau perempuan, yang dewasa maupun yang muda. Semua ingin selalu tampi baik dihadapan orang lain. Salah satu hal yang imege kita lebih baik adalah suara yang merdu dan kinclong. Indahnya suara saat ini menjadi ajang kompetisi di berbagai media. Siapa sih yang tidak ingin punya suara merdu?

Indahnya suara membuat orang yang mendengar kitapun terkesan bahkan terpesona. Banyak orang terkenal yang telah melakukan operasi plastik pembentukan pita suara. Hanya dengan uang jaman sekarang suara merdu bisa dibeli. Sekalipun demikian, operasi plastik ini dianggap ilegal oleh publik karena biar bagaimanapun publik menginginkan getaran yang alami bukan hasil otak-atik teknologi. Orang terkenal yang melakukan bedah pita suara cenderung menyembunyikan fakta ini dari publik agar popularitasnya tidak merosot karena dianggap tidak natural.

Sesungguhnya setiap manusia sudah dianugrahkan pita suara, hanya saja berbeda besar, bentuk dan ketebalannya. Kemudian yang sangat berpengaruh terhadap merdu tidaknya suara adalah artikulasi. Artikulasi yang baik terjadi saat udara yang melalui pita suara teratur dan berkesinambungan sehingga menghasilkan nada-nada yang enak didengar lewat nyanyian merdu.

Setiap dari kita punya warna suara dan pembawaan yang berbeda-beda. Ada yang suaranya lincah tapi tinggi (umumnya perempuan), adapula yang suaranya berat lebih ke rendah (rata-rata laki-laki). Semuanya tergantung dari gen yang diwariskan dari orang tua dan jenis kelamin masing-masing.

Harap dipahami bahwa suara bukanlah segalanya. Ini hanya sepotong "cake kesenangan" dari sekian banyak kebahagiaan yang bisa kita peroleh dari diri sendiri maupun dari hasil interaksi dengan orang lain. Jadi jangan pernah mendewakan suara kawan. Bagi yang suaranya tidak merdu jangan berkecil hati kawan, lihat masih banyak orang yang bisu diluar sana namun mereka masih bisa tersenyum hari lepas hari. Jadi, mengapa kita yang suaranya biasa-biasa saja ini tidak bersyukur lalu berbahagia karena kita masih dibaikkan pita suaranya?

Jaman sekarang, yang namanya cara cepat itu tidak baik kawan. Jangan berorientasi dengan hasil akan tetapi berorientasilah dengan poses. Hidup butuh lebih banyak kesabaran kawan. Khalayak ramai juga tidak respect dengan orang-orang yang suka instan seperti lewat operasi pita suara. Ada baiknya kita melakukan usaha yang sifatnya terus-menerus walau jangka waktunya agak lama namun tetap hasilnya permanen dan tentu saja asli lho...



 Suara merdu ternyata bisa dibentuk lho kawan. Berikut tutorial selengkapnya :
  1. Bersuara merdu diawali dari tutur kata yang halus dan enak didengar. Kita lebih dominan bertutur kata ketimbang bernyanyi. Orang yang bisa memanage artikulasinya saat berbicara dengan orang lain niscaya mampu bernyali lebih indah suaranya dibandingkan orang yang sering berkoar-koar gak jelas dan gak enak didengar.
  2. Harus sering-sering menyanyi. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa salah satu faktor penting yang menentukan merdu tidaknya suara adalah kemampuan artikulasi. Artikulasi ini tidak dibawa sejak lahir akan tetapi diasar terus lewat latihan menyanyi.
  3. Sangat baik jika rutin berolahraga, setidaknya senam. Sadar atau tidak, olahraga turut membuat kita lebih tahan napas ujung-ujungnya nada suara bisa lebih teratur, panjang bahkan bila lebih tinggi.
  4. Hindari batuk dengan suara keras. Biar bagaimanapun juga struktur pita suara itu harus dijaga bentuk dan kelenturannya. Batuk dengan suara keras bahkan membahana merusak strurtur dan kelenturan pita suara hingga akhirnya mengakibatkan suara serak.
  5. Konsumsi air putih yang cukup (2 liter perhari atau 8 - 10 gelas perhari). Air membuat tenggorokan tetap basah artinya jauh dari dehidrasi yang kadang akan mengurangi kelenturan pita suara.
  6. Hindari konsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas. Segala sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan dampak buruk bagi tubuh ini. Demikian juga halnya dengan minuman/ makanan yang terlalu dingin/ panas akan mengganggu elastisitas pita suara hingga membuat nada suara berubah sama-sekali.
  7. Konsumsi perasan jeruk nipis mengawali pagi hari yang indah agar tenggorokan tetap kinclong dan bebas dari kuman penyakit (virus dan flu). Tenggorokan yang sehat dan bebas bakteri adalah awal dari suara yang merdu. Tenggorokan yang sehat akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan organ ini sehingga dari hari kehari dapat lebih hebat dariku.
Itulah semua yang perlu dilakukan agar bisa bersenandung merdu dan menyenangkan diri sendiri. Demikian saja. terimakasih

Sumber :

1 komentar: